Rabu, 30 Juni 2021

Pentingnya Membuat Jadwal Menulis

Membuat jadwal menulis adalah hal terpenting yang harus dilakukan seorang penulis. Hal ini memudahkan penulis untuk lebih konsisten dalam menulis sebuah karya.

Menulis menjadi sebuah keterampilan yang sudah bisa dikerjakan oleh siapa saja. Baik itu guru, pengusaha, pembisnis, bahkan ibu rumah tangga, dan anak-anak di rumah. Menulis kini menjadi sebuah keterampilan yang bisa mendatangkan penghasilan, namun jauh dari itu pentingnya menulis dapat membuat seseorang menjadi bahagia. Untuk meningkatkan keterampilan ini seseorang harus konsisten dalam menulis. Karena dengan keterampilan dan konsisten, kualitas tulisan akan lebih baik.

Nah, maka dari itu. Seorang penulis harus memiliki jadwal menulis. Jadwal menulis dibuat semudah mungkin, guna menyamankan kondisi saat menulis, tidak terburu oleh waktu, dan tidak dikerjakan secara dadakan, atau yang sering disebut dengan “Jurus kepepet.”

Pentingnya membuat jadwal menulis.

Waktu adalah segalanya. Dia akan terus berputar tanpa henti. Kita pun tidak bisa menghentikannya walau stau detik. Maka sebagai penulis yang ingin konsisten hendaknya memiliki jadwal dalam menulis. adapun pentingnya membuat jadwal menulis adalah sebagai berikut:

Konsisten

Membut jadwal menulis membuat kita menjadi konsisten dalam menulis. karena, kita sudah menuruh waktu tertentu untuk menulis kita. Misalnya dalam satu minggu kita akan menulis satu artikel, cerita, atau pun puisi. Dengan konsisten seperti ini. Maka, setiap bulan aka nada beberapa puisi, atau cerita, atau esai dan artikel yang bisa kita hasilkan. Dan kalau satu tahun bahkan tulisan itu akan menjadi sebuah buku. Wah luar biasa, kan?

Bisa menulis sesuai topik

Dengan membuat jadwal kita juga bisa menulis sesuai topic tulisan yang akan kita hasilkan. Misalnya dalam satu minggu ada tujuh hari. Nah, dalam jangka waktu tersebut kira-ira tulisan apa yang akan kita tulis. Contohnya : hari senin saya akan menulis cerpen, rabu akan mnulis puisi atau kata mutiara, dan jumat saya akan menulis sebuah artikel. Cukup tiga kategori ini, kita terus lakukan. Kalau satu tahun kita fokus dengan jadwl seperti ini, aka nada 3 genre yang akan kita hasilkan. Ada cerita, puisi dan juga artikel.

Tulisan tidak ketetran

Kalau sudah ada jadwal maka tulisan yang dibuat pasti beraturan. Topic A tidak bisa bertabrakan dengan topic B. begitu seterusnya. Jadi tulisan yang kita hasilkan pun akan menjadi lebih rapid an enak nantinya dibaca.

Mudah dikenal

Nah, ini dia yang paling penting. Ternyata dengan menjadwalkan tulisan kita diposting dimedia social. Kita akan mudah dikenal. Mengapa? Karena para pembaca pasti akan menunggu hari khusus tulisan kita ditulis dan diposting. Jadi pagi penulis harus mengumumkan jadwal sebelum menulis. ini juga mempermudah pembaca untuk tetap menanti hasil karya kita. puisi kamis, misalnya akan tayang di blog pagi hari. Pasti pembaca yang sudah sering mamir diblog kita akan menati tulisan kita setaip hari kamis. Nah, itu adalah 3 manfaat memiliki jadwal menulis. kemudian kapan sih waktu yang tepat untuk menulis? mengenai waktu menulis sendiri , bisa ditentukan oleh setiap orang maing-masing. Karena setiap orang memiliki kesibukan yang berbeda-beda.

Dibaca Juga : https://www.youtube.com/watch?v=qcO3KydCAy0

5 komentar:

  1. Tulisannya bagus, berisi ajakan bagi pembaca, khususnya bagi saya. Saya bergabung kedalam grup literasi, karna kpengen tertular virus gemar mnulis. 😊😊👍👍🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat 🙏🙏

      Hapus
  2. Bagus idenya.
    Sya mau buat jdwl sj gk jdi2. Ya...akhirnya gk konsisten menulisnya.🤭😂🙏

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas pencerahannya. Konsisten itu yang tersulit bagi saya. Konsisten belajar menulis saja belum bisa dibuktikan. Semoga ke depannya semakin rajin karena termotivasi oleh penulis-penulis hebat di sini. Semoga senantiasa diberikan kesehatan dan kemudahan ya, bu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, jika bermanfaat, terimakasih atas kunjungannya Bu guru

      Hapus

Trimakasih atas kunjungan Anda. Silakan tinggalkan pesan pada kolom komentar. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ada kritikan tentang tulisan yang Anda baca. Terimakasih.