Senin, 14 Desember 2020

Senin: BlogWalking(1)

Alhamdulillah akhirnya jadwal dikomunitas legerunal pun berjalan, sebenarnya jadwal sudah dimulai dari pekan lalu. Namun, saya ada kendala jadinya tak dapat mengikuti jadwal dengan maksimal. Hari ini tepat pada hari senin, 14 Desember 2020 adalah jadwal blogwalking, atau pengunjungan blog para peserta lagerunal. Satu per satu peserta mulai membagikan link blog mereka ke group untuk dikunjungi peserta yang lain.

Sudah ada beberapa peserta yang mengirim. Diurutan pertama ada pak Sucipto (https://Suciptoardi.wordpress.com) beliau menulis tentang Invasi Timor Portugis Oleh Abri. di urutan kedua ada Bu Aam Nurhasanah (https://aamnurhasanah12.blogspot.com) urutan ketiga ada Hasanah Halimah dan seterusnya.

Sepertinya baru sedikit yang mengirim. Biasa hari senin, hari sibuk para pegai hehehe. Saya saja belum sempat mengirimkan ke group. Nah, sekarang kita mulai berkunjung ke satu blog ke blog yang lain. dengan berkunjung keblog teman kita bisa menambah informasi. Seperti salah satu blog yang membuat saya tertarik. Blog dengan judul artikel Satu Bulan, Satu Buku? Bisa! Di sini penulis mengajak para ayah hebat untuk menghadiahkan putra/putri mereka dengan bacaan. Jadi akan dibelikan satu buah buku dalam satu bulan. Penulis sendiri sudah mempraktikkannya. Buku yang dibelikan berupa buku dongeng, buku menulis, membaca, mewarnai, buku pengenalan huruf hijaiyah dll.

Bagi penulis dengan membelikan buku untuk anak, amak akan memudahkan para ayah hebat utuk membacakan cerita saat di minta oleh anak-anak. Wah, sangat inspiratif yah isinya. Jadi sang ayah bisa mengurangi pembelian mainan buat si anak, dan tanamkan budaya membaca lewat buku yang dibeli.

Perjalanan membaca dilanjutkan. Ada sebuah judul yang buat penasaran. “Ayo Menulis Pentigraf”. Judulnya mengundang Tanya. Apa sih pentigraf. Tanpa pikir panjang saya langsung membuka blog atas nama Hariyanto. Awalnya saya berpikir dalam isi artikel ini adalah apa itu pentigraf, dan lain-lainnya. Namun, hanya ajakan buat menulis pentigraf yang diadakan oleh pakarnya langsung yaitu prof. Tangsoe Tjahjono. Karena, tak paham apa itu pentigraf, maka saya alihkan dulu bacaan saya ke halaman lain untuk mencari apa itu pentigraf, dan ternyata pentigraf adalah cerita pendek tiga paragraf. Istilah pentigraf dicetuskan oleh prof. Tangsoe Tjahjono beliau adalah seroang sastrawan dan akademikus dari Unesa.

Wah, asyik nih jalan-jalan senin ini. Hanya berkunjung ke blog teman-teman sudah ada ilmu baru yang saya dapatkan. Bagi teman-teman yang mau berburu ilmu tanpa buang biaya banyak. Bisa praktikkan cara ini yah, atau ikut serta sebagai anggota digroup lagerunal pun bisa. Agar menambah pengetahuan dari tulisan guru-guru hebat. Sekalian belajar ngeblog sampai punya karya. Asyikkan, yuk, tunggu apa lagi.

Selamat membaca dan bergabung. Saya lanjutkan dulu perjalanan saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trimakasih atas kunjungan Anda. Silakan tinggalkan pesan pada kolom komentar. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ada kritikan tentang tulisan yang Anda baca. Terimakasih.