Kamis, 10 Desember 2020

Cakrawala Blogger Guru Indonesia (Lagerunal)

Senin, 8 Desember 2020, saya mendapatkan undangan oleh salah satu teman belajar menulis untuk bergabung dengan salah satu komunitas menulis yaitu “ Cakrawala Blogger Nasional” yang disingkat Lagerunal. Group WA ini dibuat tanggal 11-12-2020. Group pun dibuat berawal dari group peserta lomba blog,karena ada sebagaian rekan yang mau lanjut belajar tentang blog, kemudian pak Bambang mulai membuat group ini, diikuti pak Sucipto, Pak Brian, dan Bu Rita. Tentunya group ini dibangun bukan sekedar menulis biasa, masuk group dan keluar kembali tanpa hasil. Group ini punya motivasi atau visi dan misi tersendiri. Agar apa yang telah dibangun akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain. “Hidup Bersama maju Bersama” begitulah motivasi singkat group ini. Semoga dengan motivasi singkat ini kami para peserta dapat bimbingan dari para senior untuk terus maju menulis dan berkarya hingga menghasilkan buku seperti mereka.

Anggota group ini pun bukan hanya guru. Melainkan siswa, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga seperti saya. Maka, saya turut bersyukur berada di antara orang-orang hebat ini. Di mana saya sendiri buta tetang blog, selama ini menggunakan blog hanya asal-asal saja. Sejauh ini anggota dari group WA ini adalah 176 peserta.

Kami, diberikan jadwal yang telah disusun. Mulai hari senin ada blogwalking, kami akan mengunjungi blog teman-teman saling memberi komentar dan kisaran apa saja yang telah ditulis diblog masing-masing, selasa jadwal untuk berbagi. Pada hari selasa akan ada materi dari siapa saja anggota group jadi tidak menutup kemungkinan bahwa peserta sendiri yang akan menjadi narasumber dalam diskusi di kelas WA ini, yah, namanya juga berbagi. Tentunya berbaginya, bagi ilmu sebatas ilmu ngeblog, menulis, pengalaman berkarya dan sejenisnya. Pada hari kamis, akan diberikan sebuah tema untuk menulis. jadi, tidak saja belajar namun langsung dengan praktiknya. Praktiskan! Udah diberi ilmu, praktik, gratis lagi. Hehehehe, dan terakhir sabtu. Khusus sabtu ini sharing tentang blog. Jadi ada empat pertemuan dalam sepekan. Harapan besar saya bergabung dengan komunitas ini adalah agar bisa menghasilkan karya yang bermanfaat.

Seperti yang telah diraih oleh teman-teman di sini. Ada Bu Aam yang selalu menjadi moderator disalah satu kelas belajar menulis yang dikomandani Oom Jhay. Bu Aam sendiri telah menulis buku dengan judul: Mengukir Mimpi jadi Penulis hebat, jejak Digital Motivator Handal, Antologi Kisah Inspiratif sang Guru, parenting 4.0: Mengenali Pribadi dan Potensi Anak Generasi Multiple Intelligence. Ada Pak Raimundus Brian Prasetiawan, S.Pd. selaku ketua dari group ini beliau telah memiliki karya diantaranya tiga buku solo: Blog Untuk Guru Era 4.0 (januari 2020), Aksi Literasi Guru Masa Kini (Mei 2020), menerjang tantangan menulis stiap hari (Juni 2020) ada pun buku antologi yang pernah ditulisnya sebanyak dua belas buku.

Nah, bagi siapa pun yang membaca tulisan ini, jika berminat untuk meningkatkan bakat atau pun ingin belajar menulis bisa bergabung dengan kami.

Menulislah, karena menulis itu membebaskan. Dari blog kita berkarya.

Pamenang-KLU, Kamis, 10 Desember 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trimakasih atas kunjungan Anda. Silakan tinggalkan pesan pada kolom komentar. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ada kritikan tentang tulisan yang Anda baca. Terimakasih.