Senin, 28 Desember 2020

3 Trik Menulis yang Belum Kau Tahu

Menulis kini bukanlah sesuatu yang baru. Kehadiran platform gratis yang menyediakan wadah menulis sudah menjadi peluang bagi siapa saja yang mau menuangkan ide kreatif mereka. Dengan jalan ini juga, membuat para penikmat dunia kepenulisan lebih muda menyalurkan ilmu yang dimilikinya sesuai dengan bidang mereka masing- masing.

Tidak lagi ada kata takut untuk mulai menulis. Menyampaikan dan berbagai informasi kepada sesama. Lalu, bagaimana dengan pemula. Tenang, baik pemula atau pun siapa saja yang mau menulis. Kini saya hadirkan tips paling mudah untuk menulis. Ini adalah tips tercermat bagi kamu yang sering mengeluh "Ah, aku belum bisa menulis." "Ah, susah mau mulai dari mana" atau "aku tak bisa menulis". Ah, itu hanya alasan yang membuat kau mandek dalam menggapai mimpimu.

Sekarang keluarkan segala pikiran negatif dalam benakmu, ambil alat tulis dan ikuti tiga trik ini.

1. Tulis yang ada dibenakmu.

Yah, ini lagi saran saya untukmu yang ingin mulai menulis. Ini sudah dua kali saya tulis dalam catatan kecil seperti ini. Bagi saya kalau tidak memulai maka tidak akan bisa. Tulis saja yang kau pikirkan. Jangan pikirkan bagusnya dulu, jangan pikirkan banyaknya dulu. Intinya kamu mau menulis. Itu point terpenting.

2. Menulis dari sebuah foto

Ini juga cara mudah. Cara ini sudah kita praktikkan saat duduk di bangku sekolah. Cara ini seperti kita mendeskripsikan sesuatu. Baik itu benda, orang, atau pun hewan. Jika kau punya foto kecil sedang duduk di tanah menggenggam mainanmu tulis saja dengan cara sederhana mu.

Contoh: Aku berumur 4 tahun saat itu. Ayah sudah membelikan banyak mainan untukku, salah satunya adalah apa yang adalah boneka doraemon kesukaanku. Aku juga suka warna biru. dst.

Latihan seperti ini adalah latihan paling mudah, karena apa yang ingin ditulis sudah ada di hadapan kita.

3. Latihan 3 paragraf setiap hari

Jika no 1-2 sudah biasa, lanjut dengan menulis tiga paragraf. Kenapa tiga? Yah, karena untuk memulai tulisan yang baik itu minimal tiga paragraf pertama harus baik. Ini akan memikat pembaca untuk meneruskan bacaannya. Nah, sudah kita miliki tiga cara paling mudah untuk menulis. Sekarang coba terapkan. Buang jauh rasa malasmu, buang hasrat dan pemikiran tantang "Aku tidak bisa." Tapi, tanamkan kepercayaan bahwa "AKU BISA MENULIS." Bila perlu teriakkan kalimat positif ini lalu takbir. Akan ada energi positif lainnya yang akan datang dari dalam diri kita. Kalau dalam sudah ok, nanti diikuti dengan semangat kerja. dari luar.

Selamat mencoba.

11 komentar:

Trimakasih atas kunjungan Anda. Silakan tinggalkan pesan pada kolom komentar. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ada kritikan tentang tulisan yang Anda baca. Terimakasih.