Minggu, 19 Juli 2020

Cara Membuat Karangka Karangan

Selamat pagi sahabat pena sekalian. Hari ini saya akan berbagi sedikit tips tentang bagaimana membuat kerangka karangan. Di mana karangka karangan sangat dibutuhkan saat membuat tulisan yang utuh. saya sendiri baru-baru ini belajar dari sebuah buku, dan hari ini saya menuliskan apa yang saya pelajari. semoga bermanfaat ya.

Pengertian Karangka Karangan

Secara singkat karangka karangan adalah suatu rencana kerja yang memuat garis-garis besar dari satu karangan yang akan digarap (Keraf,2004:149)

Manfaat Kerangka Karangan.

1. Untuk menyusun karangan secara teratur.

2. Memudahkan penulis menciptakan klimaks berbeda-beda.

3. Menghindari penggunaan topik yang sama.

4. Memudahkan penulis untuk mencari materi pembantu.

Nah, kita sudah mengetahui apa itu karangka karangan dan manfaat membuat karangka karangan, sekarang lanjut bagaimana membuatnya. Di sini saya paparkan sesuai pengalaman saya saja ya, nanti sahabat pena bisa membuat sendiri dengan kratifitas yang berbeda. Biasanya saya menuliskan terlebih dahulu apa yang ingin saya tulis. Misalnya, saya suka menulis tentang motivasi. Maka tema saya tentang motivasi, kemusian saya akan mempersempit tema tersebut dengan mengangkat judul "Motivasi Menulis Untuk Pemula." kalau sudah seperti ini, akan lebih jelas arah kita untuk menulis. saya pun mengumpulkan ide-ide tentang motivasi menulis. Saya biasa tulis seperti menulis daftar isi. seperti ini:

1. Pentingnya Motivasi.

2. Menulis Butuh Kekuatan.

3. jangan takut gagal.

4. Jangan Takut Tulisan diolok.

5. Belajar sambil menulis.

Itu hanya beberapa point saja. kemudian saya deskripsikan setiap point tersebut, apa saja yang akan dibahas pada point itu. setelah itu barulah mulai bekerja. dengan bantuan kerangka karangan akan memudahkan kita dan mengarahkan kita pada apa yang akan kita tuju, tulisan pun tidak saling tindih dengan tema yang lain.

Nah, itulah cara sederhana saya membuat karangka karangan. Semoga bisa bermanfaat ya sahabat.

Sumber: Keraf, G. 2004. Komposisi. semarang: Nusa Indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trimakasih atas kunjungan Anda. Silakan tinggalkan pesan pada kolom komentar. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ada kritikan tentang tulisan yang Anda baca. Terimakasih.