Selasa, 17 Desember 2019

Memilih Waktu Efektif Untuk Belajar

Semangat pagi sahabat pena semua. Semoga kalian selalu berada dalam lindungan-Nya. Akhir tahun ini sudah ada persiapan apa nih untuk liburannya, eh kok malah liburan, maksud saya persiapan diri menyambut tahun barunya gimana? Hehehe. Bahas tahun baru, tapi kok kurang garing gitu yah, ia karena aku lagi sibuk-sibuk belajar sahabat semua. Yah, belajar, karena dituntut ujian akhir semester akan tiba.

Ngomong-ngomong masalah belajar, kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai waktu belajar yang paling efektif buat kamu. Kalau dipikir-pikir semua orang pasti punya gaya belajar yang berbeda-beda, dan juga pemilihan waktunya pun berbeda-beda, namun, saya berikan saja waktu belajar efektif ini. Siapa tahu dari sahabat pena ada yang mau memilih dan mempraktekkannya. Karena pilihan waktu ini sudah saya terapkan sejak duduk dibangsu SMP hingga sekarang.

Kira-kira kapankah waktu paling baik untuk belajar?

Secara pribadi saya senang belajar pada malam hari. Karena, saya tipe orang yang nggak bisa belajar dalam keramain, jadinya harus mencari tempat dan waktu paling sepi. Dulu ketika SMP dan SMA saya hidupnya di pondok, jadinya sudah sangat terbiasa belajar pada malam hari. Meski dulu harus sambil ngantuk-ngantuk gitu, tapi hal itu ternyata membawa dampak dan efek yang luar biasa terhadap saya untuk membawa kebiasaan itu hingga sekarang. Dulunya sering belajar sambil menahan ngantuk, tapi kalau sekarang mah udah biasa. Masa nggak ada perubahan belajaar malam tapi mash sambil ngantuk. Dan ternyata hal itu sudah dilakukan oleh para ulama salaf dizaman dulu, yang mana hal itu diungkapkan oleh Al-Khatib Al-Baghdadi

“Waktu belajar paling baik adalah waktu malam. Itulah yang biasa dilakuakan oleh ulama-ulama salaf” (dalam Rif’an ,2019:119)
.

Adapun plihan waktu terbaik yang bisa sahabat pena praktekkan untuk mendapatkan hasil belajar yang baik adalah:

1. Waktu terbaik untuk menghafal adalah waktu asar dan menjelang subuh

2. Waktu terbaik membahas pelajaran adalah pai hari

3. Waktu terbaik untuk mengkaji pelajaran dan mengingat pelajaran adalah pada malam hari.

Nah, itulah pilihan-pilihan waktu lain yang bisa sahabat pena pilih untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Karena, dengan memilih waktu yang efektif juga membantu kita mengingat dan mudah memahami apa yang kita pelajari, jangan hanya sekedar belajar untuk mau mendapatkan nilai ya, hehehe. Belajarlah untuk sebuah perubahan. Karena dengan berubah kita mampu mengolah kualitas diri kita untuk terus menjadi lebih baik.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trimakasih atas kunjungan Anda. Silakan tinggalkan pesan pada kolom komentar. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ada kritikan tentang tulisan yang Anda baca. Terimakasih.