Jumat, 20 Desember 2019

Hati-hati 5 Dosa Penghalang Kebaikanmu.

Bicara mengenai pahala dan dosa itu bukan bidang saya. Saya aja setiap hari terhasut oleh kejelekan-kejelekan yang mengantrakan pada dosa. Namun, tidak ada salahnya juga bukan, kita selaku seorang sahabat saling mengingatkan untuk kebaikan. Nah, maka dalam kesempatan ini saya akan menuliskan beberapa bentuk dosa yang bila kita lakukan akan menutup semua amalan yang telah kita kerjakan. Kira-kira dosa apa yah, jangan-jangan saya sendiri kerap melakukannya. Yuk, diintip satu persatu aja dulu.

Oh ya, biar lebih jelas saya akan memaparkan hal yang bersangkutan dalam bentuk hadistnya, biar sahabat pena tidak mengira bahwa hal ini saya yang ngarang aja. Hehehe.

Dari Abu Hurairah Radiyallahu’anhu. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“ Tahukah kalian siapa orang yang bangkrut? Para sahabat pun menjawab, ‘orang yang bangkrut adalah orang yang tidak memiliki uang dirham maupun harta benda’. Beliau menimpali, ‘sesungguhnya orang yang bangrut dikalangan ummatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala shalat, puasa, dan zakat, akan tetapi, ia juga datang membawa dosa berupa perbuatan mencela, menuduh, memekan harta orang lain, menumpahkan darah, dan memukul orang lain’. maka kelak, kebaikan=kebaikannya diberikan kepada orang yang terzolimi. Apabila amalan kebaikannya sudah habis, sementara belum selesai pembalasan tindak kezhalimannya, maka diambil dosa-dosa yang terzholimi itu. Lalu diberikan kepadanya, lalu dia pun dicampakkan ke dalam neraka (HR. Muslim: 2581).

Nah, dari hadis di atas bisa dilihat bahwa perbuatan-perbuatan penghapus amalan kita kelak adalah mencela, menuduh, memakan harta orang lain, menumpuhkan darah, dan memukul orang lain. Sekarang kita bisa koreksi diri kita, kira-kira hal apa yang sering kita perbuat. Apakah mencela? Menuduh? Memakan harta orang lain? menumpuhkan darah? Atau suka memukul orang tanpa sebab apa pun? Bukankah perbuatan-perbuatan ini ada yang sudah pernah dilakukan. Tentu kita tidak mau dong diakahir hayat kita diakhiri dengan siksaan-siksaan pedih dan dibuang kejahannam yang menyala-nyala hanya karena punya hobi mencela dan menuduh orang lain. Saya pikir dua hal ini lebih sering kita sama-sama lakukan di dunia. Ia nggak. Saya aja yang nulis nih, malah takut ngebayanginnya. Bagaimana kehidupan saya kelak di akhirat sana. Sudah dicampakkan ke neraka, kalau habis amalan kita, dosa orang yang dicela akan ditanggung lagi oleh kita. wah, berapa banyak siksaan yang harus kita lalui di akhirat kelak.

Nah, selagi masih ada kenikmatan hidup dan bernapas yang diberikan Tuhan, yuk, kita-sama-sama membenahi diri, agar kita bisa menjauh dari sifat-sifat tercela yang hanya merugikan kita di dunia bahkan di akhirat kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trimakasih atas kunjungan Anda. Silakan tinggalkan pesan pada kolom komentar. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ada kritikan tentang tulisan yang Anda baca. Terimakasih.