Kamis, 29 Agustus 2019

Dampak Berpikir Negatif Untuk Kesehatan

Halo sahabat pena semua. Dalam kesempatan ini saya akan membawa berita yang sudah tak asing lagi, yaitu pengaruh berpikir negatif kepada kesehatan kita. meski pun sudah banyak orang menuliskan tentang hal ini. Saya ingin mengingatkan lagi, bukankah seringnya dinasehati malah akan lebih baik. Hehehe.

Kesehatan, merupakan sebuah nikmat Tuhan yang tidak bia digantikan oleh apa pun. Semua hal bisa kita lakukan jika kita selalu sehat, tentunya bukan sehat jasmani saja ya, namun, sehat pikiran juga. Karena faktor terpenting dalam menjaga kesehatan adalah pikiran. Pikiran bekerja secara dinamis, bisa bergerak sesuai dengan arahan yang kita berikan. Kita bertingkah positif maka akan menghasilkan hal positif dan energi positif, pun sebaliknya jika berpikir negative. Maka, akan menghasilkan hal negativ dalam tubuh dan perilaku kita.

Dalam salah satu buku yang ditulis oleh seorang doktor bernama Dr. Ibrahim El-Fiki beliau merupakan maestro motivator muslim dunia, dalam bukunya Terapi Berpikir Positif beliau mengatakan bahawa pikiran manusia memengaruhi banyak hal. Di antaranya adalah: pikiran memengaruihi intelektualitas, memengaruhi fisik, perasaan, sikap, memengaruhi hasil, citra diri, harga diri, rasa percaya diri, kondisi jiwa, dan kesehatan.

Nah, sekarang saya hanya akan membahas tentang kesehatan terlebih dahulu. Sejauh ini kita mungkin mengalami gangguan jiwa seperti stress atau sakit secara ilmiah dipengaruhi oleh makanan, minuman, obat-obatan dan lain sebagainya. Ada yang berkali-kali berobat namun, sakit yang diderita tak kunjung reda, apalagi harapan untuk sembuh. Nah, dari sini bisa kita menyimpulkan bahwa penyakit yang diderita mungkin berasal dari pikirannya.

Pikiran negative sangat berpengaruh kepada jiwa kita, seperti yang penelitian yang dilakukan pada tahun 1986 oleh salah satu fakultas kedokteran di San Fransisko melakukan penelitian dalam sebuah dialog dengan jiwa. Hasil penelitiannya itu menyatakan bahwa lebih dari 75% penyakit tubuh berasal dari dialog negative dengan jiwa. Ahli pengobatan “Matuk Chia” menyatakan dalam bukunya yang berjudul Inner Smile pikiran memengaruhi panca indra kemudian memengaruhi anggota tubuh dan bagian dalam tubuh.

Tentu sahabat pena pernah merasakan hal tersebut. Misalnya saat putus asa karena mengalami kegagalan, pasti ada hal yang berubah dalam tubuh, terkadang merasa lemas, pusing dan bahkan sampai demam menyerang. Ini adalah salah satu contoh pikiran yang memengarui kesehatan dalam tubuh kita.

Maka dari itu, solusi terbaiknya adalah selalu berpikir positif. Kerena, pikiran kita memengaruhi segala apa yang ada dalam diri kita. seperti yang sudah saya ketakan sebelumnya. Berpikir positif atau optimis lebih memberikan kekuatan kepada kita. mungkin dari kata bijak Dr. Elfiki berikut bisa kita pahami dan menjadikan landasan untuk tetap berpikir positif.

“Anda mungkin tidak dapat mengedalikan keadaan, tapi Anda dapat mengendalikan pikiran Anda. Pikiran positif menghasilkan perbuatan positif dan hasil yang positif.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trimakasih atas kunjungan Anda. Silakan tinggalkan pesan pada kolom komentar. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ada kritikan tentang tulisan yang Anda baca. Terimakasih.