Selasa, 27 Agustus 2019

7 Rumus Jitu Menulis Untuk Penulis Pemula

Halo sahabat pena. Apakah sobat seorang penulis pemula? Jika ia, saya akan berbagi rumus jitu agar sahabat penaku tidak pusing untuk mulai menulis.

Dua pertanyaan ini pasti pernah terlintas dibenak sahabat pena semuanya. Apalagi sebagai seorang penulis pemula seperti saya ini. Apa sih dua pertanyaan itu? Ini dia pertanyaannya:

“Aku harus menulis dari mana?” “ Hal apa yang mestinya aku tulis?”

Dua pertanyaan itu selalu membuat kita sebagai penulis pemula bingung untuk mulai menulis. Maka dalam kesempatan ini saya akan bagikan sedikit ilmu yang saya dapat dari group menulis yang saya ikut, group yang dipimpin oleh seorang penulis buku yaitu pak Irja Nasrullah. (Semoga Ilmunya selalu diberkahi).

Baiklah tanpa banyak basa-basi lagi akan saya share langsung tujuh rumus jitu menulis untuk penulis pemula:

1. Tulislah pengalaman pribadimu.

Saya yakin sahabat pena adalah seseorang yang punya banyak pengalaman. Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar hingga sekarang. Bayangkan saja, beribu bahkan berjuta pengalaman yang telah sahabat miliki. Bagaimana jika semua pengalaman itu ditulis, pasti akan menghasilkan sebuah karya yang menarik dan menyenangkan, bukan? Karena, dengan menulis pengalaman pasti Anda akan merekam kembali peristiwa-peristiwa yang telah sahabat alami. Mudahkan?

2. Pengalaman orang lain.

Kedua, sahabat pena juga bisa menulis pengalaman oranglain. Lah kok bisa? Ya pasti bisa donk. Teman, sahabat, atau pun orangtua pasti pernah bercerita tentang pengalaman mereka. Nah, sebagai calon penulis harus peka dalam kesempatan ini. Bayangkan jika setiap pengalaman teman-teman dituliskan, kemudian dijadikan buku. Pasti teman atau orang yang memiliki cerita turut bahagia ketika melihat ceritnya ditulis dalam bentuk buku.

3. Pelajaran kuliah, atau diktat pengajaran.

Seringkan guru atau dosen menyuruh untuk mencatat pelajaran yang disampaikan dalam kelas. Tuliskan saja apa yang disampaikan bapak atau pun ibu guru. Bukankah untuk menjaga kekuatan ilmu kita harus menulisnya?

4. Curahan hati.

Suka cerita di dalam buku dairy? Sudah sampai mana ceritanya? Sudah jadi satu buku? dua buku? bagaimana kalau dibukukan saja? Mau nggak, Anda sudah pasti mau. Ia kan?

5. Tulisan "Balas dendam" (kritikan tentang sesuatu yang kurang anda setujui).

Kok tulisan balas dendam. Tenang aja sobat saya tidak menyuruh sahabat untuk menuliskan trik balas dendam, atau proses balas dendam. Saya hanya ingin sahabat pena semua menuliskan hal-hal yang kurang disetujui, semacam keritikan tentang suatu masalah atau topik.

6.Harapan-Harapan

Sahabat pena pasti punya harapan, dan saya yakin pasti lebih dari satu. Coba harapan-harapan itu dijadikan bahan untuk menulis. Bisa ditulis bagaimana kisah memulai mendapatkan harapan itu. Tulis perjalanan bagaimana harapan itu bisa sahabat dapatkan. Pasti perjalanannya tidak hanya kemudahan bukan, pasti ada kesulitan dan beberapa rintangan yang dihadapi. Wah, bisa jadi sebuah buku motivasi yang akan menginspirasi banyak teman.

7.Segala hal yang berkaitan dengan hobby dan passion.

Terakhir menulis tentang hobi. Ini adalah salah satu trik yang tergolong mudah bukan. Tuliskan saja hobi Anda. Ceritakan keseruan ketika melakukan hobi tersebut, dapat juga ditambahkan manfaatnya.

Nah, itu dia tujuh rumus jitu menulis untuk penulis pemula. Jangan pusing lagi ya. Segera ambil alat tulismu dan mulailah menulis.

Salam literasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trimakasih atas kunjungan Anda. Silakan tinggalkan pesan pada kolom komentar. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ada kritikan tentang tulisan yang Anda baca. Terimakasih.