Jumat, 03 Agustus 2018

Sering lupa pelajaran setelah belajar? Yuk, terapkan lima trik mengingat pelajaran ini.

Assalamu’alaikum sahabat pena. Belajar merupakan kewajiban kita baik sebagai pelajar, mau pun penulis. Bahkan, belajar harus dilakukan hingga akhir hayat kita.

Dengan belajar kita bisa mengetahui apa yang belum kita ketahui. Namun, kegiatan belajar kadang membuat kita bosan. Sehingga banyak dari kita cepat lupa dengan apa yang telah kita pelajari.

Maka dari itu, pada kesempatan ini saya akan bagikan tips untuk mengingat pelajaran dalam kelas. Sayang sekaikan, kalau yang kita pelajari hanya kenangan tanpa diingat.

Ini hanya tips sederhana yang bisa membantu sahabat pena untuk mengingat pelajaran di kelas. semoga bermanfaat.

Berikut adalah tipsnya:

• Membaca materi berulang-ulang. Ini sangat penting untuk dilakukan. Karena, apa yang kita pelajari sebelumnya akan hilang begitu saja tanpa ada pengulangan. Contoh kecil saja, jika teman-teman melewati jalan baru dan tidak pernah mengulanginya lagi pasti akan lupa, jikalau pun diingat, pasti tidak mengingatnya secara detail.

• Buat catatan kecil. Salah satu cara untuk mengingat kembali apa yang telah dipelajari adalah dengan menulisnya. Pasti ketika dikelaas, teman-teman sering disuruh untuk menulis. Semua itu tidak lain untuk membantu kalian mengingat apa yang telah dipeajari dalam kelas.

• Bacalah matri dengat suara keras. Mungkin terdengar aneh, namun trik yang satu ini pun dapat membantu dalam mengingat apa yang telah dipelajari.

• Buatlah mind mapping. Biasa disebut sebagai peta konsep. Materi yang ditulis dengan mind mapping atau peta konsep dapat lebih memudahkan teman-teman dalam mengingat kembali apa yang telah dipelajari dalam kelas.

• Kerjakan soal-soal. Mengerjakan latihan menyangkut materi yang telah didapatkan alternatif penting pula. Dengan cara ini, kita akan tahu kualitas pemahaman kita, kita tahu seperapa ketangkasan kita dalam mengingat pelajaran dalam kelas.

Nah, itulah beberapa tips dalam mengingat pelajaran. Jangan sampai pelajaran yang kita dapatkan hanya sekedar diingat dalam kelas, dan melupakannya setelah meninggalkan ruang kelas.

Jadilah pelajar yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, belajarlah di mana pun kau berada. Tulislah apa yang telah kau pelajari, terapkan dalam kehidupanmu.
(@etygorang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trimakasih atas kunjungan Anda. Silakan tinggalkan pesan pada kolom komentar. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ada kritikan tentang tulisan yang Anda baca. Terimakasih.